Bahasa yang Bisa Anda Gunakan

Senin, 06 Mei 2013

Tugas 4 E-com (Spesial Edisi Spesial)

Soal :

b) Artikel kedua mengenai pemrograman internet dan e-commerce bidang/tema bebas dengan bahasa sendiri minimal 4 paragraf (1 paragraf 4 kalimat).
Tidak perlu laporan, cukup post hasil postingan Anda pada kolom komentar di halaman ini.

Penyelesaian :

Judul : pemrograman internet dan e-commerce di Bidang Jual-Beli

Penjelasan :

Pengertian dan  Arsitektur serta Konfigurasi Sistem  dalam E-com:
Menurut para ahli, E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan "get and deliver" (timbal balik). Sedangkan Arsitektur dasar dari aplikasi web ini adalah arsitektur clientIserver. Artinya pemrosesan aplikasi ini dijalankan melibatkan kedua sisi yakni sisi mesin server pusat dan sisi client. Jadi dipastikan Komputer yang digunakan lebih dari 2 dan minimal 2. Setelah kita mengetahui mengenai pengertian dan arsitektur makan kita berpindah ke Rancangan.



Rancangan Aplikasi E-Commerce
Bagimana kita mengambarkannya, mungkin presepsi kita berbeda tapi ini persepsi saya. Mula-mula aplikasi akan menampilkan daftar barang yang tersedia (bisa jadi stoknya kosong maupun stoknya tersedia tapi diutamakan barang tersedi). kemdian pengguna dapat memilih beberapa item yang ingin dibeli. Pada saat pengguna memilih suatu item barang, identitas barang tersebut dicatat, dan selanjutnya user dapat melanjutkan berbelanja / memilih item yang lain. Server mengingat item apa saja yang telah dipesan. Pada saat pengguna melanjutkan browsing, server memelihara track pengguna tersebut dan pengguna tersebut dapat melakukan check out terhadap item-item yang telah dipesan. Sampai Akhirnya pengguna melakukan Pembelian.

Merancangan Interface (Tampilan)
Berikutnya kita akan merancang hal yang terpenting dari suatu Sistem Informasi yaitu interface, Setiap halaman pada aplikasi ini memiliki tombol yang memungkinkan pengguna untuk langsung melakukan checkout. Pada halaman yang menampilkan daftar barang terdapat kumpulan form yang memungkin pengguna untuk memberi indikasi item mana yang akan dibeli. 
  1. Setiap item dapat ditentukan secara lebih spesifik sesuai jenis barang yang ada, misalnya untuk aplikasi toko furniture online terlebih dahulu ditentukan jenis furniture meja, terdiri atas meja bulat, meja kotak, meja tulis, dan sebagainya. Form untuk pemesanan menggunakan kotak teks untuk jumlah pesanan, dan tombol ‘Order’, yang pada contoh meja tadi dicantumkan untuk masing-masing jenis meja. 
  2. Selanjutnya ditampilkan satu halaman yang berisi daftar semua item yang sedang berada dalam kereta belanja (shopping cart). Halaman ini memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengurangi jumlah item yang dipesan, dan menghapus suatu item pesanan. 
  3. Pada akhir proses pemesanan, ditampilkan halaman yang mengumpulkan informasi pengguna, preferensi, dan halaman untuk memulai pemrosesan kartu kredit. Halaman ini juga menunjukkan pesan bila ada kesalahan informasi atau terdapat penolakan autorisasi kartu kredit oleh agen pemroses. 
  4. Selanjutnya, setelah transaksi selesai diproses, terdapat tanda terima transaksi yang mengkonfirmasi pesanan dan menyampaikan nomor id pesanan kepada pengguna. Yang penting diperhatikan untuk pengembangan aplikasi e-commrce adalah informasi nomor kartu kredit dan informasi personal lainnya harus aman dan tidak mudah dilihat oleh orang yang tidak berhak. 

Merancangan Basis Data
Berikutnya Database, adapun tabel yang menurut saya digunakan adalah sebagai berikut ini :

  1. tabel Pesanan, yang mencatat order pemesanan. Tabel Pesanan menyimpan informasi id_user, id_alamat, dan semua informasi yang dibutuhkan untuk pembayaran. Tabel Pesanan ini memiliki relasi one-to-many dengan tabel Item yang berisi informasi item-item barang yang terdapat dalam sebuah order. 
  2. tabel item barang (semua data-data barang ada disini)
  3. tabel pelanggan atau pengguna yang didalamnya terdapat semua informasi yang dibutuhkan mulai dari alamat , no telp dan sebagainya. 
  4. Tabel Pengiriman berisi informasi opsi yang diberikan untuk pengiriman barang. seperti terdapatnya Tabel Status berisi catatan mengenai status pesanan, yaitu dapat berupa status dikembalikan (backordered), dikirim (shipped), atau dibatalkan (cancelled). Terdapat pula tabel Jenis_Kartu untuk menyimpan informasi jenis kartu kredit seperti Visa, Mastercard, dan sebagainya.

Keamanan
Suatu website penting seperti transaksi harus memiliki keamaanan tingkat tinggi demi kenyamana pelanggan dan bisnis, supaya nama baik pemilik selalu terjaga dengan baik.

Kode Program
Pemrograman untuk aplikasi e-commerce ini diimplementasikan dengan PHP. Fungsi-fungsi utama yang dipergunakan dalam kode program di sini adalah fungsi yang berhubungan dengan session dan fungsi yang berkaitan dengan pustaka cURL.  Konsep pemrograman berorientasi objek digunakan dalam kode program ini. Digunakan sifat inheritance, yakni jika sebuah kelas / class mewarisi properti dan metode (properties and methods) dari kelas induk / parent class, ia memiliki akses terhadap semua metode dan properti dari induknya. Dan sebuah aplikasi dapat dibangun dengan memperluas / extending sebuah kelas berdasarkan kelas lain yang telah ada. kegiatan diatas wajib atau harus dilakukan karena PHP bersifat OOP murni layaknya Java.

Kesimpulan
Dapat kita lihat bahwa inti dari suatu membuat program adalah interface, database dan coding. Sehingga urutan yang benar adalah membuat interface dahulu mulai dari UML dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan IR dan diterapkan sehingga menjadi database yang handal. Dan terakhir adalah coding, disinilah kita menerapkan logika if else kita. :p
sehingga setelah ke3 hal itu selesai, barulah kita lakukan pengujian keamanan demi kenyaman pelanggan serta pemilik dalam mengakses website tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika ada permasalahan, ataupun pertanyaan,, silahkan komentarnya disini.

terima kasih ^_^